Tanggal 2 Februari Hari Memperingati Apa?

Tanggal 2 Februari Hari Memperingati Apa?
Tanggal 2 Februari Hari Memperingati Apa?

Tanggal 2 Februari Hari Memperingati Apa?

Keituber.com – Danau Sentarum, obyek utama Taman Nasional Danau Sentarum, Kalimantan Barat. Taman Nasional Danau Sentarum merupakan kawasan konservasi lahan basah terbesar di Indonesia.(wikipedia.org)

dilansir dari KOMPAS.com – Tanggal 2 Februari 2023 jatuh pada hari Kamis. Pada hari ini, terdapat peringatan Hari Lahan Basah Sedunia.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 2 Februari 2023.

Baca juga: Hari Libur Nasional 2023Hari Lahan Basah Sedunia

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati secara global pada tanggal 2 Februari setiap tahun.

Hari ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya lahan basah bagi dunia dan keragaman kehidupan yang ada di dalamnya.

Hari Lahan Basah Sedunia pertama kali diselenggarakan oleh sekelompok pecinta lingkungan yang ingin merayakan dan melindungi lahan basah pada 1997.

Tanggal 2 Februari dipilih untuk menandai tanggal ketika Konvensi Lahan Basah disusun dan disetujui oleh negara-negara peserta sidang yang digelar di kota Ramsar, Iran, pada 1971.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kemudian mengakui upaya para pecinta lingkungan dan pentingnya melindungi lahan basah ini sehingga secara resmi menetapkan Hari Lahan Basah Sedunia untuk dirayakan secara global pada 2021.

Selain untuk menyebarkan informasi tentang pentingnya lahan basah, Hari Lahan Basah Sedunia juga bertujuan untuk mendorong masyarakat dan pemerintah untuk mengambil tindakan dalam mencegah hilangnya lahan basah.

Para pencinta lingkungan menggunakan hari ini untuk menyebarkan informasi tentang Lahan Basah dan apa yang dapat dilakukan orang untuk melindunginya.

Sebagaimana diketahui, lahan basah merupakan rumah bagi tumbuhan unik, ikan, reptil, mamalia, amfibi, dan burung, dan hewan lain.

Lahan basah juga sangat bermanfaat, antara lain mencegah erosi tanah dan memberikan perlindungan terhadap banjir.

Selain itu, lahan basah juga dapat memurnikan air. Di beberapa tempat, lahan basah dibuat secara artifisial untuk memurnikan air limpasan industri.

Baca juga: Daftar Hari Libur Lokal Bali 2023Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis

Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya.

Hari ini dicetuskan oleh The Rheumatoid Patient Foundation pada 2013 dengan tujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang penyakit tersebut.

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi dan menyebabkan peradangan serta kondisi berbahaya lainnya.

Rheumatoid arthritis juga merupakan salah satu kondisi autoimun yang paling umum ditemukan di dunia.

Hingga kini, belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini. Namun, pengobatan yang tepat dapat membantu mengatasi gejala dan menghambat perkembangan rheumatoid arthritis.

Dengan adanya hari kesadaran ini diharapkan dapat menyebarkan kesadaran tentang bahaya rheumatoid arthritis dan bagaimana melawan kondisi tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

BPNT dan BLT BBM akan Cair Lagi Februari 2023? Cek dengan Cara Ini

dilansir dari AYOBOGOR.COM — BPNT dan BLT BBM merupakan bantuan sosial atau Bansos yang diberikan pada masyarakat kurang mampu. Banyak yang berharap bantuan ini akan berlangsung selama satu tahun penuh.

Lantas apakah BPNT dan BLT BBM akan cair lagi pada Februari 2023 nanti? Pasalnya bantuan ini sangat dinanti karena cukup membantu perekonomian masyarakat.

BPNT dan BLT BBM diberikan pada masyarakat kurang mampu yang terdata di DTKS Kemensos. Maka itu, masyarakat yang tidak terdata di sana dipastikan tidak akan mendapatkan bantuan ini.

BPNT dan BLT BBM dicairkan secara serentak pada Desember 2022 sebesar Rp900 ribu. Bantuan ini dicairkan di kantor Desa atau kelurahan.

Baca Juga: Cara Mengisi Air Radiator Motor di Rumah, Dijamin Mudah Tak Perlu ke Bengkel!

Masyarakat yang hendak mengambil BPNT dan BLT BBM harus menerima surat undangan pencairan bantuan terlebih dulu. Namun kali ini bantuan tersebut dicairkan dengan cara lain.

Masyarakat penerima BPNT dan BLT BBM tidak perlu lagi menunggu surat undanngan pencairan. Kali ini mereka bisa mencairkan bantuan langsung di Kantor Pos.

Guna mencairkan BPNT dan BLT BBM, para penerima cukup membawa KTP dan KK asli lantas menunjukkannya pada petuugas Kantor Pos.

Agar bisa mengetahui apakah BPNT dan BLT BBM cair pada Februari 2023, Anda bisa mengeceknya dengan cara di bawah ini:

Baca Juga: Hendra Kurniawan Lolos dari Hukuman Berat Berkat Jabatan, Tetapi Jaksa Tak Bisa Toleransi Soal Alibi Aneh

Cara cek status BPNT dan BLT BBM di cekbansos.kemensos.go.id

1. Akses laman cekbansos.kemensos.go.id

2. Isi data wilayah tempat tinggal Anda sesuai dengan yang tertera pada KTP

3. Isi nama lengkap Anda sesuai yang tertera pada KTP

4. Masukkan kode ferivikasi yang muncul di bagian bawah

5. Pilih cari data

Setelah mengikuti langkah di atas, data diri Anda akan muncul di laman cekbansos.kemensos.go.id. Data yang muncul di layar gadget Anda berupa status penerima BPNT dan BLT BBM, bansos yang diperoleh dan bagaimana status pencairannya sekarang.

Baca Juga: Alergi Susu Sapi? Ini 4 Alternatif Pengganti yang Tak Kalah Bernutrisi

Jika Anda dinyatakan sebagai penerima BPNT dan BLT BBM di cekbansos.kemensos.go.id, artinya Anda sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

Demikian informasi tentang apakah BPNT dan BLT BBM akan cair pada Februari 2023 nanti. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Jadwal Puasa Bulan Februari 2023, Tak Hanya Puasa Rajab

dilansir dari Suara.com – Bulan Februari 2023 bertepatan pula dengan bulan Rajab dalam kalender Islam 1444 H. Selain puasa rajab, ada jadwal puasa bulan Februari 2023 lain yang dapat dikerjakan.

Simak jadwal puasa bulan Februari 2023 berikut ini agar tidak terlewat tanggalnya.

Puasa Rajab

Awal bulan Februari 2023, umat Islam masih dapat mengerjakan puasa rajab. Sebab, jadwal puasa rajab 2023 yang biasanya selama 10 hari akan berakhir pada tanggal 1 Februari 2023.

Baca Juga: 5 Amalan Khusus Isra Miraj, DIganjar Pahala Berlipat Ganda

Puasa rajab tahun ini telah dimulai pada tanggal 23 Januari 2023. Meski demikian, tidak ada ketentuan wajib mengenai batasan jumlah puasa Rajab 2023.

1 Rajab 1444 H: 23 Januari 2023

2 Rajab 1444 H: 24 Januari 2023

3 Rajab 1444 H: 25 Januari 2023

4 Rajab 1444 H: 26 Januari 2023

5 Rajab 1444 H: 27 Januari 2023

6 Rajab 1444 H: 28 Januari 2023

7 Rajab 1444 H: 29 Januari 2023

8 Rajab 1444 H: 30 Januari 2023

9 Rajab 1444 H: 31 Januari 2023

10 Rajab 1444 H: 1 Februari 2023

Sementara itu, bacaan niat puasa ajab adalah:

“Nawaitu shauma ghadin fi syahri rajaba sunatan lillahi ta’alaa”

Artinya: “Aku niat puasa sunah bulan Rajab esok hari karena Allah ta’ala”.

Puasa Ayyamul Bidh

Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Luruskan Makna Puasa Rajab: Tidak Harus Sibuk Hitung Pahala, Yang Penting Bisa Ngerem dari Maksiat

Selain puasa rajab, terdapat puasa sunnah lain yang boleh dikerjakan pada Februari tahun ini, yaitu Puasa Ayyamul Bidh. Berikut jadwal puasa ayyamul bidh bulan Februari 2023:

13 Rajab 1444 H: 4 Februari 2023

14 Rajab 1444 H: 5 Februari 2023

15 Rajab 1444 H: 6 Februari 2023

Sebagaimana diketahui, puasa Ayyamul Bidh selalu dilakukan selama 3 hari pada tanggal 13-15 setiap bulan. Lalu bagaimana bacaan niat puasa Ayyamul Bidh?

“Nawaitu sauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi ta’ala”

Artinya: “Saya niat berpuasa besok pada Ayyamul Bidh Sunnah karena Allah Ta’ala”.

Puasa Senin Kamis

Tak hanya itu, di bulan Februari 2023 umat muslim juga bisa mendulang pahala dengan mengerjakan puasa Senin Kamis. Berikut jadwal puasa senin kamis Februari 2023:

Senin6 Februari 202313 Februari 202320 Februari 202327 Februari 2023

Kamis2 Februari 20239 Februari 202316 Februari 202323 Februari 2023

Adapun bacaan niat puasa senin kamis yang dilafalkan adalah:Bacaan niat puasa seninNawaitu shauma yaumil itsnaini lillaahi ta‘aalaa.Artinya: “Aku berniat puasa sunah hari Senin karena Allah ta‘aalaa.”Bacaan niat puasa kamisNawaitu shauma yaumil khamiisi lillaahi ta‘aalaa.Artinya, “Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta‘aalaa.”

Kalian juga boleh membaca niat puasa senin kamis seperti berikut.Bacaan niat puasa seninNawaitu shauma haadzal yaumi ‘an adaa’i sunnati yaumil itsnaini lillaahi ta‘aalaa.Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Senin ini karena Allah ta’ala.”Bacaan niat puasa kamisNawaitu shauma haadzal yaumi ‘an adaa’i sunnati yaumil khamiisi lillaahi ta‘aalaa.Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari Kamis ini karena Allah ta’ala.”

Nah, itulah jadwal puasa bulan Februari 2023 lengkap, mulai dari puasa rajab, puasa Ayyamul Bidh hingga puasa senin kamis. Semoga Allah SWT memberi berkah untuk umat-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *