.:[Close][Klik 2x]:.
Oli motor yang bagus untuk jarak jauh di tahun 2023 - Keituber
BeritaBlogOtomotif

Oli motor yang bagus untuk jarak jauh di tahun 2023

Oli motor yang bagus untuk jarak jauh di tahun 2023

Keituber.com – Bagi yang menggunakan sepeda motor, semakin banyak aktivitas yang dapat dilakukan, semakin sering Anda mampu mengendarai sepeda motor. Ini lupa merawat mesin, yang menyebabkan penurunan kinerja.
Oli mesin / gambar YT

Untuk menjaga performa mesin tetap stabil, sangat disarankan untuk sering mengganti oli. Namun, oli mesin yang digunakan tidak boleh sembarangan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih oli mesin terbaik.

Jadi, artikel Daftar Periksa.Id Panduan ini akan memberi Anda beberapa informasi terkait oli motor terbaik, tips memilih oli motor yang tepat untuk kebutuhan Anda, daftar rekomendasi produk oli motor terbaik, cara merawat mesin sepeda motor Anda dan menjaga daya tahannya.
Tips memilih oli mesin yang bagus

Oli motor yang bagus untuk jarak jauh di tahun 2023

Untuk menjaga mesin sepeda motor Anda dari kerusakan, Anda harus memperhatikan tips memilih oli mesin terbaik berikut ini.

  1. Sesuaikan oli dengan jenis mesin

Secara umum jenis sepeda motor yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah sepeda motor sport, skuter dan skuter matik. Motor sport biasanya memiliki kapasitas mesin yang besar, rata-rata berukuran 250 cc. Sepeda motor memiliki kapasitas mesin yang kecil, biasanya kurang dari 150 cc.

Skutik jenis ini menggunakan perpindahan gigi otomatis matic. Mesin juga dibedakan berdasarkan koplingnya, yaitu kopling basah dan kopling kering. Kopling basah artinya kopling motor terendam air, sehingga tidak mudah dipakai sebagai motor dan motor sport. Kopling kering artinya kopling tidak dicelup atau dilapisi oli, biasanya digunakan untuk jenis skuter matik.

Oli berkode Jasso MA ini ditujukan untuk sepeda motor dengan kopling basah, sehingga lapisan dan gigi pada pelat kopling tidak mudah selip. Oli mesin JASO MB paling baik digunakan untuk jenis skutik matik, karena kebanyakan kopling sepeda motor skutik matik bersifat kering dan tidak tembus oli, sehingga oli mesin khusus ini licin dan lebih banyak digunakan untuk membasahi lapisan kopling daripada untuk pelumasan. ini.

  1. Tingkat leleh minyak

Anda biasanya dapat menemukan indeks viskositas oli standar pada kemasan, seperti SAE 20W-40, SAE 10W-30, dan sebagainya. Pilihan level oli dapat disesuaikan dengan area tempat Anda tinggal. Oli SAE 15W-50 memiliki indeks viskositas hingga 50 dan dapat digunakan pada suhu hingga 15°C.

Semakin kecil angka di depan huruf (yang menunjukkan musim panas atau musim dingin), semakin tinggi derajat integrasinya. Bagi yang tinggal di daerah tropis, sangat disarankan untuk menggunakan minyak dengan titik leleh yang rendah.

Anda dapat menggunakan oli berkode SAE 15W-40 hingga SAE 20W-40 atau merek oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi seperti SAE 20W-50, yang paling baik untuk sepeda motor yang berusia lima tahun ke atas atau memiliki jarak tempuh lebih dari 100.000 km.

  1. Performa mesin

Perhatikan juga apakah sepeda motor Anda ringan atau berat. Jika performa mesin parah, penggunaan oli API tinggi sangat dianjurkan. Anda dapat menemukan kode ini pada paket minyak. Kode API digunakan untuk mengukur kemampuan oli menahan gesekan dari bagian mesin yang dihasilkannya.

Kode ini biasanya diikuti dengan huruf seperti API SL, API SA, API SB dan lain-lain. Sesuaikan nilai API dengan performa engine yang digunakan. Semakin berat kendaraan bermotor, semakin tinggi nilai API. Semakin tinggi huruf S, semakin baik kualitas oli, semakin tinggi ketahanan gesekan komponen mesin dan semakin memenuhi persyaratan terbaru. Jika Anda hanya menggunakan mesin untuk aktivitas sehari-hari, Anda dapat dengan mudah menggunakan oli mesin dari kode API hingga SA.
10 Tips Oli Sepeda Motor Terbaik

Rekomendasi Oli motor terbaik di tahun 2023

Setelah mengetahui beberapa tips memilih oli yang tepat, kini saatnya memberikan daftar rekomendasi oli motor terbaik.

minyak AHM

Kualitas Oli merk AHM tidak perlu diragukan lagi. Ini termasuk salah satu merk oli motor terbaik yang diproduksi langsung oleh PT. mesin Astra Honda. Untuk semua jenis motor honda baik matic, bebek ataupun sport series, namun karena kemampuan yang ditawarkan oli ini bisa digunakan pada motor merk lain. Harga yang ditawarkan produk ini juga sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir keuangan Anda terguncang.

Berdasarkan spesifikasinya, oli motor terbaik dibagi menjadi 4 jenis yaitu Oli AHM SPX-1, Oli AHM MPX-1, Oli AHM SPX-2 dan Oli MPX-2. Oli AHM sangat baik untuk menjaga performa mesin sepeda motor, karena pada oli ini terdapat kandungan sintetik yang berkualitas tinggi. Performa mesin sepeda motor Anda akan meningkat, gesekan akan berkurang, dan stabilitas suhu mesin akan meningkat.

Pertamina Enduro Matic

Pertamina Enduro Matic merupakan oli motor terbaik selanjutnya dengan review bagus dari para penggunanya. Tingkat kekentalan 10W-30 yang sangat tipis pada oli ini membuatnya berjalan dengan cepat sejak awal pertama. Terlihat bahwa oli ini langsung mengisi celah-celah kecil di mesin. Pertamina Premium Oil mampu memberikan performa tinggi pada temperatur mesin rendah hingga sedang. Namun, ketika suhu tinggi, kinerja mesin secara bertahap akan menurun.

Oli mesin ini paling cocok digunakan di daerah perkotaan dengan lalu lintas padat dan jarak tempuh sedang. Berikut spesifikasi Janya MB, API SL dan viskositas 10W-30. Ini termasuk aditif molibdenum untuk mengurangi gesekan pada suhu tinggi dan mesin kecepatan tinggi. Ini adalah oli sepeda motor terbaik untuk mesin sepeda motor empat langkah matik generasi baru dengan cc besar yang membutuhkan performa tinggi.

Yamalube

Oli motor terbaik untuk sepeda motor merek Yamaha, apalagi kalau bukan Yamalube. Oli resmi dirilis oleh Tuning Fork. Tersedia untuk berbagai pilihan sepeda motor Yamaha termasuk model 2 tak. Sangat disarankan menggunakan grade kekentalan SAE 10W-40 untuk tipe Yamalube Super Matic pada sepeda motor tipe Yamaha Nmax, Aerox dan Yamaha Lexi. Terbuat seluruhnya dari bahan sintetis. Ada juga partikel molibdenum di mesin Yamalube Super Matic ini untuk membantu mencegah gesekan dan meningkatkan tenaga di setiap rentang kecepatan.

Yamalube RS4GP dengan kekentalan SAE 10W-40 adalah oli motor terbaik untuk pemilik motor dengan seri sport seperti R25, R15, MT-15 dan lainnya. Oli ini dirancang untuk membuat perpindahan gigi lebih halus, mengurangi getaran dan memaksimalkan kinerja mesin. Yamalube juga memiliki produk RX-King, menggunakan standar semi sintetik untuk jenis sepeda motor 2 tak.

BM1 PC 1300

Oli motor BM1 PC 1100 dengan viskositas 10W-40 adalah spesifikasi sintetis sepenuhnya yang cocok untuk mesin otomatis. Berdasarkan ulasan pengguna, saat menggunakan oli ini, mesin otomatis akan menghasilkan suara mesin yang lebih halus dan getaran yang lebih sedikit saat dihidupkan terlebih dahulu. Saat mesin memanas, performa mesin tetap responsif. Selain itu, saat rpm berada pada kapasitas sedang, maka Anda tidak akan merasakan kehilangan tenaga pada gas lift.

Setelah menempuh jarak hingga 2200 km, sangat disarankan untuk mengganti oli dengan yang baru agar performa mesin tidak menurun dan tidak ada suara bising dari mesin. Oli BM1 diformulasikan khusus untuk oli motor generasi baru dengan formula PC-AFA (Polar Compound Anti Friction Additive) yang memenuhi syarat untuk digunakan pada sepeda motor 4 tak seperti Vixion, MX King 150cc, Byson dan lain-lain. PC AFA berfungsi untuk meningkatkan tenaga mesin, mengoptimalkan perlindungan mesin, mengurangi kebisingan mesin, mendinginkan mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Oli Oli Seri Matic Action TOP 1

Oli motor terbaik berikutnya yang terbuat dari bahan dasar sintetik terbaik adalah Oli Top 1 Action Matic Series. Sudah teruji kualitasnya oleh ratusan komunitas motor matic di Indonesia, oli ini paling cocok digunakan pada motor matic untuk menjaga performa mesin tetap maksimal. Ini adalah oli dasar sintetis berperforma tinggi yang diformulasikan untuk memenuhi persyaratan sepeda motor Honda dan Yamaha terbaru. Oli motor premium ini dapat memperlancar perjalanan berkendara Anda dengan formula aditif pengendaraan yang mulus.

Bagi Anda yang sering dilanda kemacetan dan kondisi jalan kota yang tidak menentu, penggunaan oli ini sangat cocok untuk Anda. Oli motor terbaik dari Top 1 Action Matic dapat memberikan perlindungan yang tahan lama dan membuat mesin otomatis lebih hemat bahan bakar, dengan kandungan sintetik yang tinggi dan kualitas oli pabrikan yang unggul, dengan sertifikasi JASO MB terbaru pada tahun 2016. Sangat cocok untuk motor matic seperti Scoopy, Honda Beat, vario dan lain-lain dengan SAE 10W-30.

Skuter Amsoil

Salah satu oli motor matic premium diatas rata-rata dari Amasoil Scooter. Oli ini memiliki kekentalan 10w-40 yang mampu memberikan performa terus menerus, bahkan setelah menempuh jarak 2000 kilometer pun anda tidak akan merasakan performa mesin motor anda mengalami penurunan performa. Anda bisa menggunakan oli ini hingga 10.000 km. Dengan menggunakan oli mesin terbaik ini, getaran mesin sepeda motor Anda akan berkurang dan halus dari rpm rendah hingga tinggi. Selain itu, pembuangan panas mesin sangat cepat dibandingkan dengan oli lain.

baca juga : oli yang bisa bikin anda cepat kaya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button