Hari Haram beruasa tahun 2021
Share

Keituber - berpuasa adalah sesuatu hal yang mulia dan bukan hal yang mudah bagi sebagian orang dan tak jarang juga yang melakukan puasa sunnah baik puasa senin kamis ataupun daud namun perlu kalian ketahui bahwa tidak semua hari itu diperbolehkan untuk berpuasa berikut hari yang tidak diperbolehkan untuk berpuasa di tahun 2021

Hari yang dilarang berpuasa
1. Kamis, 13 Mei 2021
2. Selasa, 20 Juli 2021
3. Rabu, Kamis, Jum'at 21,22,23 Juli 2021
4. Dirahasiakan
5. Hanya untuk orang tertentu

Nah diantara hari tersebut kalian perlu ketahui bahwa semua hari tersebut memang tidak diperbolehkan untuk berpuasa sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW dan diperkuat hadits sakhih.

1. 13 Mei 2021
Pada tanggal ini umat muslim dilarang untuk berpuasa karena hari itu merupakan hari raya idul fitri di tahun 2021 yaitu setelah satu bulan penuh berpuasa ramadhan haram hukumnya berpuasa di hari itu.

Sebagaimana diterangkan dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW melarang umatnya berpuasa di dua hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha. Dari Abu Sa'id Al Khudri ra, berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ يَوْمِ الْفِطْرِ وَيَوْمِ النَّحْرِ.

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha." (HR. Muslim)


2. 20 Juli 2021
Setelah Hari Raya Iedul fitri ternyata hari raya idul adha juga tidak diperbolehkan untuk berpuasa karena di hari itu umat muslim dianjurkan untuk berqurban dan membagikan hewan qurban kepada fakir miskin dan orang-orang disekitarnya.
Dalam riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW telah melarang untuk berpuasa di dua hari raya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.

3. 21,22,23 Juli 2021
Kenapa hari ini di larang jadi tanggal ini merupakan tanggal 11,12,13 dzulhijah yang mana dihari ini umat muslim diharamkan berpuasa karena hari ini masih termasuk kedalam hari ied

Sebagaimana dalam hadits riwayat Muslim, dari Nubaisyah Al Hudzali berkata, nabi SAW bersabda:

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ

Artinya: "Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum." (HR. Muslim)


4. Dirahasiakan
Jadi kenapa di rahasiakan hari ini adalah hari yang diragu-ragukan anatara masuk bulan ramdhan atau masih tanggal 30 syakban jadi haram hukumnya umat muslim berpuasa pada tanggal ini kecuali orang yang mempunyai hutang puasa di bulan ramadhan maka di perbolehkan hari adalah hari syak

Salah satu hadits yang menjadi dasar larangan puasa di hari Syak sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan al Hakim,

مَنْ صَامَ يَوْمَ الشَّكِّ فَقَدْ عَصَى أَبَا القَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: "Siapa yang puasa pada hari syak maka dia telah bermaksiat kepada Abul Qosim (Nabi Muhammad) shallallahu 'alaihi wa sallam." (HR. Bukhari & al-Hakim).


5. Hanya untuk orang tertentu
Kenapa hanya untuk orang tertentu? Karena puasa ini hanya tidak bisa dilakukan atau tidak diperbolehkan untuk kaum hawa karena hari yang diharamkan berpuasa yang kelima ini adalah hari dimana wanita haid / nifas maka tidak diperbolehkan melakukan puasa.

Rasulullah SAW pernah bersabda sebagaimana dijelaskan dalam riwayat Bukhari yang artinya:

"Bukankah salah seorang di antara mereka (kaum wanita) apabila menjalani masa haid tidak mengerjakan sholat dan tidak pula berpuasa? Para sahabat wanita menjawab: Benar." (HR. Bukhari).

Sementara itu, ada tiga puasa yang hukumnya makruh, yaitu puasa khusus hari Jumat, puasa khusus hari Sabtu, dan puasa khusus hari Ahad (Minggu).

Follow me

Leave a Reply

Your email address will not be published.