Contoh biografi yang menarik dan berpeluang untuk masa depan

Contoh biografi yang menarik dan berpeluang untuk masa depan
Contoh biografi yang menarik dan berpeluang untuk masa depan

Contoh biografi yang menarik dan berpeluang untuk masa depan

Keituber.com – biografi adalah serangkaian artikel yang berisi kisah atau perjalanan seseorang. Autobiografi umumnya menceritakan kehidupan orang lain, sehingga menggunakan sudut pandang orang ketiga. Namun, Anda bisa menulis biografi Anda sendiri, atau bisa juga disebut biografi Anda. Pernahkah Anda menulis biografi tentang diri Anda? Jika tidak, lihat lebih banyak ulasan untuk penjelasan dan contoh biografi Anda sendiri.

Baca juga: 5 contoh CV kreatif untuk karyawan profesional
Apa kisah hidup Anda sendiri?

Contoh biografi pribadi berbeda dengan otobiografi.

Autobiografi adalah kisah orang ketiga dari perjalanan hidup penulis. Perjalanan hidup meliputi kehidupan pribadi, perjuangan hidup, peristiwa penting seperti kisah sukses. Kemudian memiliki biografi sendiri dapat berguna untuk membuat merek pribadi penulis di Internet. Ini dapat membantu orang mengidentifikasi penulis, atau mungkin berguna saat melamar pekerjaan.

Dilaporkan dari Cetak dalam, menulis biografi sendiri harus berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan, tidak boleh melebih-lebihkan cerita utama dan membuat drama. Ini menurut contoh otobiografi yang beredar di Internet. Menulis otobiografi memiliki banyak manfaat bagi pembacanya, antara lain dapat lebih mengenal tokoh-tokoh di dalamnya, dan menjadi inspirasi untuk menjadi pelajaran dalam penghayatan yang lebih besar terhadap proses kehidupan.

Baca juga: 10 contoh ekspresi diri HRD yang profesional dan menarik

Struktur biografi Anda sendiri

Contoh autobiografi umumnya memiliki struktur teks yang sama dengan biografi. (Sumber: Pexels)

Dalam contoh biografinya sendiri, ia menemukan adanya struktur tulisan yang bersih dan sistematis. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penulis dan pembaca dalam memahami cerita. Struktur penulisan esai biografi sendiri meliputi hal-hal sebagai berikut.

Pengenalan diri/karakter

Bisa disebut self-introduction atau orientasi, yaitu bagian dimana pengarang memperkenalkan dirinya dan keluarganya, agar orang dapat mengetahui siapa dirinya sebelum akhirnya menceritakan perjalanan hidup atau kisah hidupnya.

Acara/event penting

Kemudian masuk ke bagian kedua, yang merupakan bagian utama dari esai biografi. Di bagian ini, Anda dapat menuliskan peristiwa penting dalam hidup Anda di mana mereka berada sekarang, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan Anda.

Jika dimulai SalamadianPeristiwa penting yang perlu dituliskan dalam contoh otobiografi umum antara lain:

Peristiwa yang mengubah hidup/menginspirasi

Anda dapat menulis pengalaman hidup di bagian ini.

Prestasi

Kemudian Anda dapat menuliskan pencapaian apa pun yang Anda miliki dalam hidup. Contohnya adalah kejuaraan yang Anda dapatkan dalam kompetisi akademik atau non-akademik.

Profesi, pengalaman dan profesi

Setelah itu, Anda dapat menulis cerita tentang pengalaman, pekerjaan, dan pekerjaan Anda saat ini untuk dibagikan kepada publik. Anda bisa menceritakan bagaimana kisah awal karya tersebut akhirnya berujung pada posisi saat ini.

Baca juga: 5 kisah inspiratif pengusaha sukses di bidang teknologi

Ciri-ciri teks biografi

Teks biografi memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali dari tampilan teks (Sumber: Pexels)

Teks biografi memiliki ciri khas yang cukup unik dibandingkan dengan teks lainnya. Lihat daftar fitur penulisan biografi yang harus Anda ketahui.

Ini menceritakan kisah hidup seseorang

Dalam bentuk naratif

Hal ini bertujuan untuk menginspirasi melalui kisah hidup karakter sepanjang hidup mereka.

Cerita disusun dalam urutan kronologis dan berisi plot

Presentasi teks yang menarik dan informatif

Menulis didasarkan pada fakta nyata

Gunakan struktur reguler yang menyertakan posisi, peristiwa penting, dan diakhiri dengan pengalihan

Baca juga: 7 cara menciptakan personal branding untuk kesuksesan karir
Jenis penulisan biografi

Secara umum, ada beberapa jenis teks biografi

Teks biografi dibagi menjadi beberapa jenis yang diklasifikasi ulang berdasarkan 5 kelompok.

Tergantung isinya

Biografi yang bersumber dari wawancara sebagai sumber pendukung atau disebut biografi jurnalistik

Biografi intelektual adalah biografi berdasarkan fakta dan diceritakan dalam bahasa ilmiah.

Biografi seorang pria dari sudut pandang politik

Dengan judul

Sebuah kisah hidup yang merangkum perjalanan karir seseorang menuju kesuksesan

Biografi perjalanan hidup yang membahas tentang kejadian-kejadian menarik dan inspiratif dalam hidup seseorang

Menurut penulis

Autobiografi adalah kisah hidup yang ditulis oleh tokoh itu sendiri.

Biografi, yaitu penulisan biografi tokoh-tokoh yang ditulis oleh orang lain

Oleh penerbit

Berdasarkan izin

Biografi resmi Ini adalah biografi yang dibuat dengan izin dari karakter yang sedang dibahas atau keluarga karakter.

Biografi tanpa izin Itu karena tidak ada sumber untuk menemukan teks biografi yang ditulis tanpa mengetahui lukisan atau keluarga lukisan itu

Baca juga: 5 contoh curriculum vitae profesional dan relevan untuk menulis

5 contoh biografi pribadi untuk peluang dan pengembangan karir

Menulis biografi tentang diri Anda adalah cara yang bagus untuk merek pribadi untuk karier masa depan Anda. (Sumber: Pexels)

Berikut ini adalah contoh autobiografi Anda sendiri yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk membuat autobiografi Anda sendiri.

Contoh biografi saya sendiri I

Namanya Ratna Sari. Ia lahir pada tanggal 9 Februari 2006 di Semarang. Sebagai anak sulung, Ratna memiliki seorang adik perempuan bernama Ratih. Ibunya adalah penjual keripik di pasar dan ayahnya adalah seorang pedagang asongan.

Di tahun Pada 2013, Ratna mulai sekolah dasar di Semarang, tak jauh dari rumahnya. Di tahun Melanjutkan ke SMP tahun 2019 yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Sepulang sekolah pada sore hari, Ratna biasa menjajakan barang-barang ibunya di kampung-kampung sekitar rumahnya. Berkat kerja kerasnya, Ratna kini mampu membayar biaya sekolahnya sendiri.

Contoh autobiografi II

Ia adalah wanita kelahiran 15 Mei 1995 di sebuah kota bernama Malang Hasya Fida di Batu. Fida lahir dari dua orang tua bernama Sassono dan Sartini. Sejak kecil Fida tinggal di Batu. Berhasil menyelesaikan sekolah dasar di SD Negeri 4 Batu dan Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 5 Batu.

Saat berusia 15 tahun, setelah lulus SMP, Fida dan keluarganya memutuskan pindah ke Yogyakarta. Akhirnya Fida melanjutkan sekolahnya di SMA Negeri 2 Yogyakarta hingga lulus. Karena berasal dari keluarga yang sangat menghargai pendidikan, Fida melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di Universitas Pembangunan Nasional Veteran di Yogyakarta.

Fida menjalani kuliah selama 3,5 tahun tanpa kendala dan berhasil menyabet predikat mahasiswa dengan IPK tertinggi. Setelah lulus kuliah, Fida memulai karir di dunia fashion. Beliau memulai karirnya dengan bekerja di perusahaan MAP. Dari sanalah Fida mendapatkan pengalaman dan berjuang untuk karirnya hingga saat ini. Itulah biografi singkat tentang perjalanan hidup Hasya Fida yang sederhana. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang lain.

Contoh autobiografi III

Orang-orang mengenalinya sebagai Chera di setiap lukisan yang dia buat. Chera Diandra, anak pertama dari pasangan Hendra dan Wina, lahir pada 27 Oktober 1995 di Brung.

Chera memang gemar menggambar sejak kecil, bahkan ia sering menjadi juara 1 di setiap lomba yang diikutinya. Seiring bertambahnya usia, media yang kita konsumsi juga berubah. Saat duduk di bangku SMA, tepatnya pada usia 16 tahun, Chera mulai mengembangkan kemampuannya dengan belajar seni lukis di atas kanvas dan menggunakan beberapa jenis warna seperti cat minyak dan akrilik.

Akhirnya, setelah 4 tahun kuliah di universitas, Chera menuruti keinginan orang tuanya dan lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi dengan predikat Cum Laude. Chera mampu membuktikan kepada orang tuanya bahwa ia serius ingin menjadi seniman profesional dengan penghargaan yang ia terima di Pameran Nasional bersamaan dengan kelulusannya. Dengan cara ini, orang tua Chera sangat bangga dan mereka menyetujui impian Chera dan akhirnya Chera mencapai level karirnya saat ini.

Contoh Biografi Pribadi IV

Lahir pada tanggal 24 Mei 2001 di Semarang, namanya Rido Maulana. Ia merupakan anak tunggal dari orang tua yang berprofesi sebagai tukang ojek dan buruh laundry. Sejak kecil ia sudah terbiasa membaca dengan rajin dan hidup sederhana yang ia sukai. Asuhan yang tepat dari orang tuanya membuat Reid sangat cerdas dan sombong.

Dia mendapat beasiswa dari SD sampai SMA karena hasil akademiknya selalu bagus dan dia juara satu. Setelah itu, Rideau diundang ke fakultas kedokteran sebuah universitas ternama di daerahnya. Kini, Rideau menyelesaikan pendidikannya dan membantu ekonomi keluarga dengan pekerjaan sampingannya.

Contoh biografi V sendiri

Yuda adalah mahasiswa kelahiran 4 Januari 1999. Dia sangat terlibat dalam ilmu komputer, yang dia kejar sejak sekolah menengah pertama. Berbekal tekad dan keinginan untuk melamar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *