Asal Usul Hari Valentine, Benarkah Hanya untuk Agama Kristen? Ini Penjelasannya

Asal Usul Hari Valentine, Benarkah Hanya untuk Agama Kristen? Ini Penjelasannya
Asal Usul Hari Valentine, Benarkah Hanya untuk Agama Kristen? Ini Penjelasannya

Asal Usul Hari Valentine, Benarkah Hanya untuk Agama Kristen? Ini Penjelasannya

Keituber.com – Valentine”>Hari Valentine diperingati setiap tanggal 14 Februari.

Banyak orang yang merayakan Valentine”>Hari Valentine atau hari kasih sayang dengan cara memberikan hadiah kepada orang tersayang mereka.

Namun banyak yang menganggap bahwa Valentine”>Hari Valentine tak sejalan dengan latar belakang agama Islam.

Untuk lebih jelasnya, mari kita telusuri sejarahnya agar mengetahui Valentine untuk agama apa.

Merangkum laman NU Online, hari kasih sayang yang diperingati setiap tanggal 14 Februari dipercaya sebagai hari yang sakral dalam agama Kristen.

Baca Juga: Mengenal Color Grading Lewat Series ‘The Last of Us’

Baca Juga: Tim MotoGP Pramac Racing Meluncurkan Livery Terbarunya untuk Musim 2023

Dalam beberapa literatur disebutkan jika perayaan Valentine”>Hari Valentine tercipta karena kematian seorang uskup di Terni, Italia pada abad 270 M yang bernama Santo Valentine.

St. Valentine adalah seorang pendeta yang taat agama dan selalu membantu orang lain. Ia sering membantu umat Kristiani yang ingin kabur dari penjara Romawi yang terkenal dengan kekejamannya.

Hukum Memberikan Coklat di Hari Valentine 2023 Menurut Islam, Bolehkah?

dilansir dari Suara.com – Valentine day atau hari kasih sayang kerap dirayakan oleh semua kalangan untuk mengungkapkan rasa sayang mereka kepada orang terdekat. Hari Valentine identik dengan memberikan coklat, jadi tak heran jika menjelang perayaannya akan ada banyak penjual coklat. Lantas bagaimana hukum memberikan coklat di hari Valentine dalam agama Islam? 

Pada dasarnya coklat adalah makanan halal atau disebut juga dengan mubah. Jadi tidak masalah untuk dikonsumsi selama asal usul dan bahan pembuatan coklat jelas. Siapa sangka coklat ternyata memiliki arti dan sejarah yang panjang di hari Valentine.  

Memahami Sejarah Hari Valentine 

Sesungguhnya, tidak ada kepastian mengenai kapan perayaan Valentine dimulai dan dari mana asal usul sejarahnya. Akan tetapi, berdasarkan beberapa cerita yang populer, perayaan Valentine disebut berasal dari seorang martir bernama Santo Valentine yang meninggal karena dihukum mati.  

Baca Juga: Rukun Puasa Sesuai Syariat Islam, Berbeda dengan Syarat Wajibnya

St. Valentine dihukum pancung lantaran ia nekat menikahkan seorang prajurit muda anggota wajib militer kerajaan yang ingin menikah dengan pasangannya. Tindakan Santo Valentine saat itu dianggap melawan peraturan kerajaan. 

Bagi beberapa gereja, tindakan St. Valentine ini dianggap benar karena ia memperjuangkan hak orang yang ingin menjalin cinta. Sehingga Valentine dinobatkan sebagai pahlawan kasih sayang. Pada tahun 495 Masehi, Paus Gelasius I resmi mengubah salah satu tradisi upacara Romawi Kuno sebagai hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati pengorbanan Santa Valentine yang rela meninggal sebagai seorang martir. 

Sehingga, tercatatlah dalam sejarah setiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai Valentine day atau hari kasih sayang. Berawal dari perayaan di gereja tersebut, terjadi banyak kontroversi tetkait perayaan hari valentine di Indonesia. Hingga banyak yang mempertanyakan hukum memberi coklat di hari Valentine. 

Hubungan Coklat dan Hari Valentine 

Coklat selama ini menjadi simbol hadiah di hari Valentine yangvdimulai pada saat Ratu Victoria berkuasa. Kala itu, para pemuda menggunakan coklat sebagai sarana untuk mendekati perempuan. Mereka akan memberikan sekotak coklat sebagai tanda kasih sayang terhadap orang yang mereka sukai. 

Baca Juga: 15 Pantun Valentine 2023 Lucu Buat Pacar, Bikin Doi Makin Tergila-Gila

Masih pada era yang sama, memberikan hadiah coklat kepada lawan jenis juga bisa menjadi tanda hubungan seksual. Oleh sebab itulah mengapa dituliskan dalam buku etika di masa itu, yang mengingatkan para perempuan agar mereka tidak menerima cokelat dari pria yang tidak ia dikenal.  

Seperti yang diketahui, coklat mengandung phenylethylamine yang berfungsi untuk membantu penyerapan dalam otak serta menghasilkan dopamine yang menimbulkan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarik dan bisa menumbuhkan perasaan jatuh cinta. Tidak heran jika coklat menjadi pilihan hadiah di hari Valentine sebagai tanda cinta. Tekstur coklat yang lembut dan mudah larut ketika dimakan secara perlahan akan memberikan kesan sensual bagi orang yang menikmatinya. Selain itu, coklat bisa memberikan kesan nyaman, rileks dan juha dapat meningkatkan gairah seksual. 

Seiring dengan perkembangan zaman, memberikan dan menerima cokelat di hari Valentine pun sudah sangat biasa dilakukan di banyak negara termasuk di Indonesia. Budaya ini terus berkembang dan menimbulkan pro dan kontra terutama di kalangan umat Islam. 

Hukum Memberikan Coklat di Hari Valentine 

Melihat dari sejarah dan asal usulnya, sudah tentu perayaan Valentine dengan memberi coklat tidak ada di dalam sejarah Islam dan bukan termasuk bagian dari hari raya agama umat muslim. Sedangkan banyak ulama yang berpendapat jika umat Islam ikut merayakan, berarti kita menjadi bagian dari kaum tersebut.  

Hal ini seperti yang dikatakan dalam hadist bahwa umat Islam tidak disarankan untuk meniru yang bukan kebiasaan orang Islam.  

” Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk bagian dari mereka” (HR. Ahmad 2:50 dan Abu Daud no.4031) 

Melihat dari sejarah Valentine yang bukan berasal dari budaya Islam, serta simbol coklat yang sebenarnya bisa mengarah ke hubunhan seksual, banyak ulama yang berpendapat jika perayaan Valentine sebaiknya tidak ikut dirayakan oleh umat Islam. Selain itu, jika perayaan tersebut dilakukan oleh pasangan yang belum halal maka bisa menimbulkan dosa bagi mereka. Jadi hukum memberikan coklat di hari Valentine dalam agama Islam adalah haram. 

Nah itulah tadi penjelasan mengenai hukum memberikan coklat di hari Valentine dalam agama Islam. Jadi sudah jelas ya, bahwa umat Islam dilarang memberikan atau menerima coklat sebagai peringatan Valentine. 

30 Ucapan Hari Valentine 2023 untuk Mantan Kekasih, Semoga Tidak Ada Penyesalan di Antara Kita

dilansir dari Suara.com – Mantan pacar adalah orang yang dengannya kita pernah berbagi hubungan romantis. Padanya kita pernah bergantung, memberikan rasa cinta dan harapan, meskipun pada akhirnya harus berpisah, pastinya masih ada beberapa kenangan indah bersama. Maka tak ada salahnya memberi ucapan hari valentine 2023 untuk mantan kekasih.

Jika perpisahan itu dilaksanakan dengan baik, tentunya kita masih bisa jadi teman baik. Maka dari itu, jika kamu berencana memberikan ucapan hari valentine 2023 untuk mantan kekasih sebagai teman, mungkin kumpulan kata-kata di bawah ini bisa jadi referensi. 

1. Hal terbesar dalam hidup adalah melewatinya tanpa menyimpan dendam, saya senang kita bisa sama-sama bergerak ke arah baru tanpa rasa dendam satu sama lain. Kita berpisah dengan baik. Selamat Hari Valentine 2023.

2. Saya doakan agar kita sama-sama mendapatkan hari esok yang lebih baik. Kita lupakan semua masa lalu yang buruk dan melihat masa depan yang lebih baik. Selamat Hari Valentine 2023.

Baca Juga: Terduga Pelaku Pemerkosaan Mantan Pacar di Kalideres Masih Berkeliaran, Polres Jakbar Klaim Masih Proses Penyelidikan

3. Saya ucapkan selamat hari valentine kepada mantan pacar saya. Biarkan hari yang menjadi simbol cinta ini menjadi kenangan bagi kita bersama bahwa kita pernah berbagai kasih yang indah dan berpisah dengan baik. 

4. Selamat hari valentine untuk mantan kekasih, semoga engkau menjalani kehidupan dengan baik dan kita bisa berjumpa lagi sebagai teman yang sama-sama sukses.

5. Takdir punya beberapa rencana lain untuk kita tetapi apa pun itu, aku masih ingin mengucapkan Selamat Hari Valentine sayangku.

6. Meskipun kita sudah tidak bersama lagi tetapi ada saat ketika kita memiliki saat-saat paling menakjubkan bersama. Selamat hari valentine dan jadikan kenangan indah itu sebagai suporter untuk menjalani hidup dengan baik.  7. Mari Bersulang untuk hari-hari indah saat kita bersama dan Selamat Hari Valentine untuk Anda.

8. Di hari valentine ini, ijinkan menjadi kesempatan bagiku untuk mengucapkan selamat tinggal dan sekaligus terima kasih karena kau selalu mendukungku selama ini. 

Baca Juga: Dikabarkan Ibu Eny Pulang, Mantan Rekan Kerja Kembalikan Uang Rp 2 M kepada Tiko?

9. Hari valentine mengingkatkan aku padamu karena ada ikatan cinta dan kasih sayang yang indah yang pernah kita bagi satu sama lain. Selamat Hari Valentine untukmu sayangku. Semoga kau bahagia. 

10. Di hari Valentine ini aku memiliki semua alasan untuk bahagia karena saya bisa merayakannya dengan pria paling tampan di kota, sekalipun kita sudah sepakat untuk jadi mantan kekasih, tapi tetap saja selamat hari valentine. 

11. Selama bertahun-tahun, kamu adalah valentine saya tetapi untuk saat ini posisi ini kosong dan saya cukup senang dengan kenyataan itu. Selamat Hari Valentine 2023.

12. Selamat hari Valentine, semoga ke depannya kita sama-sama menemukan sosok yang cocok untuk kita. 

13. Selamat Hari Valentine untukmu mantan kekasihku. Manfaatkan Hari Valentine ini untuk jatuh cinta pada seseorang yang lebih baik dariku. 

14. Jika kamu menemukan cinta yang lebih baik dariku, selamat ya mantan kekasihku. Selamat hari Valentine 2023. 

15. Selamat Hari Valentine 2023. Aku ingin kamu tahu bahwa rasa sayangku sebagai teman tidak hilang. 

16. Selamat hari Valentine, aku harap kita akan sama-sama memiliki segala macam sukacita hari ini dan seterusnya dengan kekasih baru tentunya. 

17. Aku tidak pernah membayangkan bahwa kita akan berubah dari kekasih menjadi mantan kekasih. Hidup ini benar-benar penuh kejutan. Selamat Hari Valentine.

18. Aku senang kita bisa bisa membuat kisah cinta bersama meskipun itu berakhir. Selamat hari Valentine 2023. 

19.  Aku akan selamanya menghargai kenangan itu. Semoga kamu juga memiliki hari yang indah di hari valentine. Selamat hari valentine. 

20. Ini Hari Valentine dan aku ingin hari ini menjadi hari di mana kita berdua bisa saling memaafkan satu sama lain. Selamat Hari Valentine 2023.

21. Sangat mudah untuk mencintaimu tetapi aku gagal menjagamu dan aku menyesalinya. Aku harap kamu memiliki Hari Valentine yang indah bersama kekasih baru.

22. Kita seharusnya tidak menyalahkan diri sendiri atas berakhirnya hubungan kita. Aku kira takdir memiliki rencana lain untuk kita. Selamat Hari Valentine 2023.

23. Meskipun kamu menyakitiku, aku selalu menghargai saat-saat spesial yang kita habiskan bersama. Selamat Hari Valentine.

24. Kenangan yang kita buat bersama tidak akan pernah pudar, aku akan selalu mengingatnya dan menyimpannya dekat dengan hati. Selamat hari Valentine 2023. 

25. Meskipun kamu menghancurkan hatiku, aku tidak pernah berhenti mencintaimu dan jangan khawatir aku telah memperbaiki hatiku yang hancur. Selamat Hari Valentine.

26. Kisah cinta kita bukan yang terbaik, memiliki kelemahan, tetapi salah satu favoritku. Selamat Hari Valentine. 

27. Mereka mengatakan waktu menyembuhkan semua hal dan saya harap itu telah menyembuhkan kamu juga. Kita berpisah karena orang tua kita tak setuju, jadi itu juga menyakitkan untukku, karena itu selamat hari valentine dan semoga kau bahagia. 

28. Hidup membawa banyak kejutan dengan berbagai cara. Kamu adalah  salah satunya. Selamat hari valentine, sampai jumpa pada kesempatan yang indah sebagai teman. 

29. Aku tahu, saat kita bersama aku pernah melanggar janji yang aku buat denganmu, sejak itu aku tak pernah mendengar kabar lagi tentangmu. Maafkan aku dan semoga kau bahagia, selamat hari valentine. 

30. Kita pernah bersama dan kau pernah jadi inspirasiku. Karena itu aku mengucapkan Selamat Hari Valentine, mantan kekasih. Semoga tidak ada penyesalan di antara kita. 

Demikian itu rekomendasi 30 ucapan hari valentine untuk mantan kekasih. Semoga cukup untuk menginspirasi kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *