10 Manfaat Olahraga di Pagi Hari untuk Kesehatan

keituber.com – Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang wajib kita lakukan secara rutin, setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Olah raga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, seperti: tidak mudah sakit, peredaran darah lancar dan tidak mengalami obesitas.

Manfaat olahraga di pagi hari

Meski olahraga memiliki beberapa manfaat, pada umumnya sebagian orang enggan melakukannya. Ini terjadi karena mereka terlalu lelah atau malas. Untuk berolahraga dengan baik dan teratur, lakukanlah di pagi hari. Senam pagi tak hanya menghilangkan rasa malas, tapi juga memiliki manfaat sebagai berikut.

Read More
  1. Suasana masih nyaman

Senam pagi tetap terasa segar dan tidak terlalu panas. Setiap latihan tetap memungkinkan Anda untuk tetap fokus dari awal hingga akhir. Sekarang bayangkan Anda berolahraga di sore atau siang hari. Udara panas dan membuat latihan menjadi sulit.

  1. Makan lebih sehat

Menurut beberapa penelitian, seseorang yang terbiasa berolahraga di pagi hari makan dengan sehat. Jika Anda terbiasa melakukan aktivitas yang sehat, semua aktivitas sehat lainnya seperti makan juga akan dilakukan.

  1. Meningkatkan energi tubuh

Berolahraga di pagi hari memberi tubuh Anda oksigen yang cukup. Keadaan ini memudahkan nutrisi untuk sepenuhnya mencapai jantung dan paru-paru. Jika kedua organ ini bisa berfungsi maksimal, energi tubuh bertambah dengan sendirinya.

  1. Fokus terus meningkat

Senam pagi juga dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi: Konsentrasi yang baik membuat tubuh lebih mudah bekerja dan melakukan semua pekerjaan dengan lembut.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Olahraga pagi akan memotivasi Anda untuk melakukannya. Jika rutin berolahraga, lemak tubuh juga akan berkurang dengan sendirinya. Seimbangkan latihan dengan diet yang tepat..

  1. Memiliki mood yang baik

Olahraga membuat pikiran lebih aktif. Dengan melakukannya secara rutin di pagi hari, maka perasaan atau suasana berjalan lancar dan aktivitas yang dilakukan pun berjalan dengan lancar. Seseorang yang jarang berolahraga biasanya moodnya lebih buruk.

  1. Mengontrol lapar

Rasa lapar yang berlebihan dapat dihindari jika Anda berolahraga di pagi hari. Nafsu makan dapat dikendalikan dengan baik, sehingga obesitas dapat dicegah. Jika Anda terlalu malas berolahraga di pagi hari, nafsu makan akan tinggi sehingga menyebabkan tubuh mengalami kelebihan kalori.

  1. Gula darah terkontrol

Orang dengan diabetes tipe 1 mungkin mengalami penurunan gula darah yang berlebihan. Penurunan ini menyebabkan beberapa masalah seperti melemahnya tubuh. Menurut penelitian, olahraga pagi dapat menjaga kadar gula darah tetap terjaga dan tidak terlalu rendah.

  1. Tekanan darah lebih normal

Melakukan olahraga di pagi akan membuat tekanan darah yang dimiliki oleh seseorang stabil. Mereka yang cenderung memiliki tekanan darah cukup tinggi bisa melakukan olahraga di pagi hari agar mereka bisa mengalami penurunan tekanan darah yang memicu masalah kronis lainnya.

  1. Memperbaiki tidur

Olahraga pagi dapat memperbaiki insomnia. Ketika Anda berolahraga di pagi hari setelah bekerja, tubuh Anda mudah lelah dan mudah tertidur. Tidur yang dialami lebih nyenyak dari sebelumnya.

Berolahragalah secara rutin di pagi hari, misalnya setiap dua hari sekali atau maksimal 5 kali dalam seminggu. Jika Anda mudah mengalami gangguan tidur seperti insomnia, cobalah olahraga teratur di pagi hari dan rasakan manfaatnya setelahnya.

Tips memulai olahraga di pagi hari

Senam pagi memang tidak semudah semangat yang kita miliki untuknya. Namun, jika Anda mengingat beberapa tips, Anda dapat menyelesaikan latihan pagi dengan mudah.

  • Tidur nyenyak. Jika ingin bangun lebih awal, mulailah tidur lebih awal. Dengan tidur lebih awal, Anda mendapatkan waktu normal 7-9 jam setiap hari. Keesokan harinya saat bangun tidur, badan sudah tidak terasa lelah dan juga mengantuk.
  • Jangan tiba-tiba mulai berolahraga sedini mungkin. Jika Anda terbiasa bangun jam 6, mulailah segera. Kemudian, lakukan secara perlahan di pagi hari agar tubuh terbiasa. Jika Anda memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari, berangkat kerja dan persiapan lainnya tetap berjalan seperti biasa. 
  • Banyak yang mengatakan bahwa daya tarik sebuah tempat tidur sangatlah besar. Makanya kita disuruh menyiapkan segala sesuatunya sebelum tidur. Misalnya sepatu, pakaian dan segala sesuatu yang diperlukan. Jika tidak, Anda akan malas berolahraga di pagi hari, apalagi jika masih menonton.
  • Makan sesuatu yang bergizi sebelum tidur. Ketika Anda melakukan ini, tubuh Anda akan berenergi dan Anda tidak akan bingung tentang makanan di hari berikutnya.
  • Anda memiliki tujuan atau sesuatu yang ingin Anda capai. Kedengarannya klise, ini cukup untuk membantu Anda menjalani latihan pagi.

Berikut beberapa ulasan senam pagi, manfaat yang dibawanya. Jadi kamu tipe yang mana? Apakah Anda suka berlatih di pagi hari atau lebih suka berlatih di sore hari? Semoga ulasan di atas bermanfaat dan membuat Anda bekerja lebih keras di semua cabang olahraga.

Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis. Artikel bisnis dan investasi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *